Daily Horoscopes

Tuesday, January 29, 2013

Wisata KuLiner di Makassar

Kota Makassar yang pernah bernama Ujung Pandang adalah wilayah Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo yang terletak pada pesisir pantai sebelah barat semenanjung Sulawesi Selatan. Pada mulanya merupakan bandar kecil yang didiami oleh Suku Makassar dan Bugis yang dikenal sebagai pelaut ulung dengan perahu PINISI atau PALARI. Ibukota Sulawesi Selatan ini merupakan tujuan terbaik untuk berwisata kuliner dimana menyajikan kuliner yang beraneka ragam dan juga menguggah selera.
Wisata kuliner Makassar akan memiliki tempat tersendiri bagi para wisatawan, melengkapi aneka wisata lainnya seperti wisata alam, wisata sejarah dan wisata budaya.
Beberapa Recommend Ala Travelkota kuliner di Makassar :
1. Coto Makassar 
coto
hmm….yummy sapa sih yang ga kenal makanan Favorite semua orang  sulawesi ini. Ini makanan wajib jika berkunjung ke Makassar. Coto Makassar merupakan makanan khas daerah ini, berupa sop berkuah yang kaya rempah-rempah dengan isi aneka daging, jeroan sapi, ati sapi, lidah, dll. kita bisa memesan makanan ini dengan yang kita inginkan, bisa campur atau isinya bisa kita request sendiri. Coto Makassar ditemani dengan ketupat kecil sebagai pengganti nasi. salah satu tempat favorite orang-orang Makassar di CONUS (Coto Nusantara) yang sering menjadi langganan para pejabat. terletak di Jl. Nusantara – Makassar.  Warung ini buka dari jam 7 pagi – 5 sore (^^).

2.  Konro Bakar 
konro
Makanan yang satu ini pasti orang-orang uda banyak yang tau, apalagi di jakarta banyak penjual makanan yang menjual makanan Konro Bakar. Tapi gag lengkap kan kalo uda sampai di Makassar kita tidak nyobain langsung konro bakar langsung dari asalnya. Daging iga bakar yang masih menempel pada tulangnya disajikan dengan guyuran bumbu kacang dan kuah sop konro berwarna kehitaman yang khas. Dagingnya gak kerasa keras sama sekali, lembut, begitu “disentuh” langsung lepas dari tulang. Paduan dengan bumbu kacangnya begitu pas, ditimpali dengan kuah sop segar yang kaya rempah-rempah. Selain Konro bakar bisa juga memesan sop konro, dimana dagingnya tidak di bakar tapi dijadikan satu di sop nya. Sop Konro KAREBOSI yg terkenal di Makassar tepatnya Jl. Gunung Lompobattang No 41.

3. Mie Titi
mie titi
Rasanya kurang afdal kalo ke kota daeng ini tidak mencicipi salah satu kuliner yang unik ini. Mie titi berbahan baku mie yang digoreng kering, disiram dengan kuah kental dicampur kocokan telur. Berisi beragam sayuran hijau, gorengan, potongan daging ayam dan udang, jangan  lupa untuk mengucurkan sedikit jeruk yang selalu tersaji bersama mie titi ini, untuk menambah kesegaran dan cita rasa. Terasa kriuk-kriuk di kunyah campur dengan kuah kenyal nya. Mie titi yang paling kondan yang terletak di JL. Irian, ternyata cabangnya di Jl Datumuseng dekat dengan Makassar Golden Hotel.  Jl Datumuseng sendiri tepat berada di seberang Taman Pantai Losari dan lokasi Mie Titi hanya sekitar 50meter dari Pantai Losari itu. Buka dari jam 5 sore sampai jam 3 pagi.

4. ES Pisang Ijo
pisang ijo saus santan
Kekenyalan si hijau dari tepung beras yang menyelimuti pisangnya luar biasa, tebal dan begitu pas perpaduannya dengan pisang raja yg manis di dalam, ditambah dengan saus berupa bubur sumsum dan guyuran sirup merah diatas pisang ijo dan saus.  Kita bisa menikmati es pisang ijo ini di warung bravo ini yang menjadi andalan khas warung tsb, terletak di Jl. Andalas No.154. Di warung ini juga menyediakan menu makanan seperti gado-gado, sup buntut. tapi kita bisa mencicipi kudapan khas dari makassar Jalan Kote, jalan kote ini mirip dengan pastel tapi isinya beda. Lumpia tidak jauh berbeda dengan lumpia yang biasa kita temui di Jakarta, tapi isinya agak sedikit pedas dan tentunya  tidak menggunakan rebung.

5. Kapurung
kapurung
Untuk makanan yang satu ini khas dari Kabupaten Palopo di Sulawesi Selatan. Kapurung merupakan makanan berkuah segar terdiri dari bola-bola sagu dan kuah ikan, udang, ayam maupun daging ikan. sayurnya pun beragam bayam, kangkung, jantung pisang, terung, kacang panjang, dsbnya. Mokonya memakan kapurung sehat (^^) . Rasa kuahnya yang segar dan seperti makan tom yam…

6. Pisang Epe
Di Tanjung Bunga, pinggir pantai losari banyak sekali penjual pisang epe ada areal khusus jajanan kaki lima, jadi tinggal pilih sesuai selera. Pisang epe ini merupakan pisang setengah matang yang dibakar di atas arang lalu di berikan coklat atau keju atau duren. pisang ini setelah dipenyet, dibakar, lalu disiram gula aren cair.
piang epe

Hmm ini semua bagian kecil dari kuliner di makassar, masih banyak lagi kuliner yang lain. Ini menunjukkan bahwa wisata kuliner makassar menyimpan potensi yang luar biasa karena kaya dan indah. Tujuan ke Makassar akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Perpaduan alam yang cantik dengan bangunan bersejarah dan kuliner yang lezat akan membuat perut kenyang dan hati senang  kota yang menjadi “Gerbang Indonesia Bagian Timur”.  Selamat berkunjung ke Makassar!